22/02/2018

Tips Menulis Artikel Blog Metode Piramida

Tips Menulis Artikel Blog Dengan Metode Piramida – Ada beragam tips menulis artikel yang baik. Sebagian besar terkuak berdasarkan pengalaman masing-masing penulis. Ada yang melalui riset khusus, ada pula yang tak terpikir untuk menemukan suatu metode khusu. Melainkan terkuak begitu saja melalui proses kreatif yang suka-suka. Bagi penulis lain (khususnya pemula) boleh saja meniru metode menulis orang lain. Tapi perlu di ingat bahwa tidak semua tips menulis bisa enjoy dipakai oleh semua penulis.

 

Masing-masing dari kita tentu memiliki kenyamanan dan chamistry yang beda dalam hal proses menulis. Begitu juga dengan saya. Tidak mudah bagi saya untuk meniru teknik menulis yang menerapkan pakem khusus dengan kerangka yang teoritis. Saya lebih enjoy menulis dengan cara mengalir begitu saja. Ada ide, tulis headline, kemudian lanjut ketik sesuka udel saya sendiri. Setelah itu swasunting dengan menilik mana yang layak publish dan yang tidak.

 

Namun saya suka mengamati teknik menulis orang-orang hebat. Mencoba teknik mereka, meskipun hanya sekadar mengobati dahaga penasaran saja. Seperti salah satu teknik menulis dengan metode piramida. Saya dapatkan teknik ini dari salah satu buku tentang tips menulis yang ditulis oleh Jingga GM.

 

Sebenarnya teknik menulis dengan metode piramida ini biasa dipakai untuk menulis cerpen, novel, dan naskah cerita lainnya. Namun saya mencoba mengadopsi metode ini untuk menulis artikel blog. Karena saya nelihat metode piramida ini sangat unik dan bisa sangat membantu dalam menulis artikel blog.

 

Pada prinsipnya dalam proses penulisan sebuah cerita atau artikel dianjurkan terlebih dahulu menentukan kerangka tulisan. Kerangka ini sebagai pemandu penulis agar pembahasan atau cerita yang akan dituliskan tidak keluar dari pokok bahasan/ tema yang diangkat. Oleh sebab itu dalam proses menulis ada beberapa cara dalam membuat kerangka, salah satunya adalah dengan metode piramida.

 

Disebut piramida karena berupa diagram yang bentuknya mirip dengan piramida. Disusun dari satu kata sebagai ide utama, disusul pelengkap ide pada baris bawahnya, hingga penjelasaan masalah dan resolusi pada baris selanjutnya. Bentuknya mengurucut keatas karena kata pertama yang dituliskan hanya terdiri dari satu kata. Sedangkan baris selanjutnya berisi 2 kata, 3 hingga berupa kalimat.

 

Tentu saja dalam implementasinya tidak kaku dan mutlak harus begitu. Setiap orang memiliki daya kreatifitas yang beragam. Sehingga penerapan metode piramida ini seharusnya tidak malah menjadi penghambat produktifitas dalam melahirkan artikel. Esensi dari metode ini adalah penemuan metode meyusun kerangka yang ideal bagi masing-masing penulis. So, nikmati proses menemukan jalur kreatifitasnya.

 

Nah, bagaimana langkah-langkahnya, mari coba step by stepnya berikut ini.

 

  1. Tuliskan tema atau ide artikel yang akan ditulis.

 

Cukup tuliskan satu atau dua kata saja. Iya, pilih satu tema spesifik sebagai penghuni pucuk piramida. Misalnya saya pilih kata “Menulis Artikel” sebagai tema yang akan ditulis. Anggaplah saya akan menulis satu artikel tentang “tips menulis artikel.” Maka ide awal yang saya tancapkan di pucuk piramida adalah kata “Menulis Artikel.”

 

Hal ini mambantu kita agar pembahasan tidak melebar. Jangan sampai kita mau menulis tentang artikel tapi ditengah jalan menjabarkan tentang cara menulis surat lamaran kerja. Atau lebih parah lagi malah menulis curhatan.

 

  1. Tuliskan 2 sudut pandang/referensi yang akan digunakan untuk menjabarkan ide/ tema.

 

Selanjutnya tentukan, kita mau bahas dari sisi yang mana. Atau lebih mudahnya apa yang akan kita hadirkan sebagai poin untuk meramaikan tema yang sudah kita pilih. Hal ini bisa kita lakukan dengan mengambil sudut pandang sebatas pengetahuan/ pengalaman kita atau opini dan mencari referensi lain sebagai pembanding.

 

Anggap saja saya ambil referensi gaya menulis yang mengalir ala kadarnya, dan metode story triangle (piramida cerita). Ide awalnya karena rasa penasaran terhadap metode story triangle yang biasa dipakai untuk menulis cerpen. Kira-kira bisa nggak diterapkan untuk menulis artikel. Tentu sebuah ide bisa berawal dari pertanyaan yang mengganggu pikiran kita.

 

  1. Tuliskan 3 poin masalah yang ingin disampaikan.

 

Tiga poin masalah bisa dirumuskan dari hasil pemikiran atau kontemplasi atas keresahan yang kita rasakan. Bisa juga didapatkan setelah kita melahap beberapa referensi yang kita gunakan sebagai landasan berpikir dalam menulis. Atau pada beberapa jenis artikel, 3 poin masalah ini bisa diwujudkan dalam bentuk sub ide yang menjelaskan ide utama.

 

Misal dalam kasus ini, saya menemukan beberapa hal dari hasil perenungan terkait “menulis artikel” yang akan saya tulis. Iaitu: kelebihan dan kekurangan menulis artikel dengan gaya bebas, kemungkinan penggunaan story triangle dalam penulisan artikel, dan alternatif metode menulis artikel lainnya.

 

Atau bisa juga berupa 3 poin tahapan menulis artikel dengan metode piramida: menuliskan ide, sudut pandang, dan poin masalah. Fleksibel. Karena piramida disini berfungsi sebagai kerangka, semacam alat bantu untuk menulis sebuah artikel.

 

Nah, kurang lebihnya kerangka tulisannya akan seperti berikut ini:

 

Ide: menulis artikel

Referensi: gaya bebas mengalir, story triangle

Poin tahapan: tulis ide, referensi, masalah/sub bab

 

Setelah kerangka ini jadi, maka langkah selanjutnya adalah menulis artikelnya. Mulai paragraf pertama, lanjutkan hingga menjadi sebuah artikel lengkap. Batasan jumlah kata, silakan sesuai selera. Lebih bagus lagi jika di beberapa paragraf terakhir dituliskan penyimpulan atau pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Ini penting. Karena bisa memberi nilai tambah atas sebuah artikel yang ditulis.

 

Nah, Gaes… Selamat mencoba. Menulis artikel blog dengan metode piramida ini hanya sebuah pengembangan dari motode menulis yang sudah ada. Bisa jadi anda memiliki metode yang lebih efektif dan aplikatif. So, semua kembali pada kenyamanan masing-masing dalam menuangkan proses kreatifnya.

 

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat.

 

Salam blogger kreatif.

Baca Juga:

Facebook Comments

Seno Ns

Admin dari beberapa website dan blog, menerima jasa bikinin web/ blog wordpress, jasa penulisan artikel, dll. Pekerjaan utama sebagai auditor internal di sebuah rumah sakit swasta di Yogyakarta.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Whith Me
%d bloggers like this: